> > Benda-Benda: Alat-Alat Ibadah Yahudi

Benda-Benda: Alat-Alat Ibadah Yahudi

Posted on Wednesday, March 14, 2012 | 30 Comments


BAGIAN IV: BENDA-BENDA:
ALAT-ALAT IBADAH

MEZUZAH

וּכְתַבְתָּם עַל-מְזֻזוֹת בֵּיתֶךָ, וּבִשְׁעָרֶיךָ
ukhtavtam al-m'zuzot betekha uvisy'areykha

"dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu" (Devarim 6: 9)


di tiang pintu rumah Yahudi tradisional (dan rumah seperti itu sudah jarang), anda akan menemukan peti kecil yang terdapat huruf syin (ש) di tiang miring ke kiri, peti kecil itulah yang disebut sebagai mezuzah (מזוזה‎) yang artinya "tiang" karena ditempatkan pada tiang pintu rumah...

mezuzah, kebanyakan diimani orang Yahudi sebagai sebuah jimat keberuntungan sehubungan keadaan orang Israel di Mesir di masa Nav Mosyeh di masa lalu... tetapi, mezuzah bukanlah jimat... sebaliknya, ini hanya sekedar merupakan benda pengingat kita kepada Adonay dan perintah-perintah-Nya (mitzvot)...

salah satu yang mitzvah yang paling utama itu dituliskan di mezuzot pada tiang pintu rumah dan menjadi acuan semua perintah Adonay... perintah itu adalah:

שְׁמַע, יִשְׂרָאֵל: יְהוָה אֱלֹהֵינוּ, יְהוָה אֶחָד
syema' yisyra'el: yehwah elohinu yehwah ekhad

"Dengarlah, hai orang Israel: Adonay itu Allah kita, Adonay itu Esa!" (Devarim 6: 4)

dalam bagian itu, Adonay memerintahkan kita untuk mengingat segala firman-Nya terus-menerus dalam pikiran kita dan dalam hati kita oleh (antara lain) menulis mereka pada tiang pintu rumah mereka... inilah yang disebut Syema'..

Syema' ditulis pada sebuah gulungan kecil perkamen, di bagian belakangnya ditulisi nama Adonay kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam peti kecil dan di mukanya dituliskan huruf syin tersebut yang maksudnya "Syema'"

letak Mezuzah yang miring ke kiri

Mezuzah yang dijual di toko-toko dengan aksesorisnya


TSITSIT DAN TALLIT

Adonay berfirman pada Nav Mosyeh:

"Berbicaralah kepada orang Israel dan katakanlah kepada mereka, bahwa mereka harus membuat tsitsit pada bahu baju mereka, turun-temurun, dan dalam tsitsit itu haruslah dibubuh benang ungu kebiru-biruan (tekheilet). Maka tsitsit itu akan mengingatkan kamu, apabila kamu melihatnya, kepada segala perintah Adonay, sehingga kamu melakukannya dan tidak lagi menuruti hatimu atau matamu sendiri, seperti biasa kamu perbuat dalam ketidaksetiaanmu terhadap Adonay. Maksudnya supaya kamu mengingat dan melakukan segala perintah-Ku dan menjadi kudus bagi Elohe-mu" (Bemidbar 15: 38-40)


Torah menyuruh orang Yahudi memakai tsitsit (arti: pinggiran) di pinggir bajunya... tsitsit adalah jumbai-jumbai atau sorban.. saat ini sering dibuat dwi-fungsi sebagai syal, sehingga disebut tallit (arti: selendang atau syal)... tallit membentuk persegi panjang dan hanya boleh digunakan bagi lelaki Yahudi yang sudah mencapai bar mitsvah (pubertas jasmani dan rohani)...

cara pemakaian yang benar dan salah adalah sbb:


tallit tidak boleh digunakan oleh orang non-Yahudi, begitu pula tefillin... tetapi kippah diperbolehkan...



TEFILLIN

וּקְשַׁרְתָּם לְאוֹת, עַל-יָדֶךָ; וְהָיוּ לְטֹטָפֹת, בֵּין עֵינֶיךָ
uqsyartam le'ot al-yadekha v'hayu lettottafot ben eneykha

"Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu" (Devarim 6: 8)


tefillin (תפילין), masih ada hubungannya dengan Mezuzah di atas, hanya saja kali ini dipakai pada tubuh manusia... tefillin artinya "pelindung"...

tefillin adalah gulungan Torah yang dimasukkan dalam kantong kulit yang bertali panjang dan diikatkan dengan cara digulung di tangan dan kantongnya diletakkan di dahi...

untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah ini:


maksudnya adalah juga sebagai pengingat kepada perintah-perintah Adonay dan memproteksi diri dari melakukan segala yang jahat... seseorang apabila memakai tefillin dengan hati yang khusyu', maka dia akan merasa terlindungi dari nafsu ingin berbuat dosa, sehingga kebanyakan kita temui mereka yang memakai tefillin sangat-sangat sabar dan murah hati... tentunya, di dalamnya terdapat berakhot atau berkat (berkah)...



MENORAH

salah satu benda sekaligus simbol tertua agama Yahudi adalah menorah, yaitu lilin bercabang 6 (ditambah tengahnya menjadi 7) yang digunakan dalam Beyt Ha-Miqdasy...

kohanim (para kohen) menyalakan menorah di dalam Ruang Ha-Qodesy pada esnoga setiap malam dan membersihkannya setiap pagi, menggantikan sumbunya, dan meletakkan minyak zaitun segar ke dalam cawannya.. penggunaan menorah bisa dilihat di Kitab Syemot 25:31-40



dikatakan bahwa menorah adalah simbol dari bangsa Israel dan misi Bangsa Israel untuk menjadi "terang (teladan) bagi segala bangsa" (Yisyeyah 42:6)...

revi'im (para ravi) menekankan bahwa cahaya atau terang itu bukan dari kekerasan; Israel adalah untuk menyelesaikan misi tersebut harus dengan memberikan kasih (rakhum) dan memberikan teladan yang baik..

dudukan menorah di esnoga-esnoga disebut ner tamid (artinya: lampu abadi) yang melambangkan menorah... banyak esnoga yang juga memiliki menorah hiasan, dan sebagai perlambang menorah dari Beyt Ha-Miqdasy...


KIPPAH

kippah atau yarmulke adalah kopiah (peci), peci adalah penutup yang dipakai di kepala berbentuk setengah bola.. kippah dipakai ketika berdo'a dan merupakan tradisi kuno dalam Yudaisme, Talmud mengajarkan penggunaan kippah:

כיסוי הראש, כך הפחד של עדן יכול להיות עליכם
kisovy hara'isy, kakh hafkhad syal 'adan yekol lehi'ot 'alekhem

"Tutuplah kepalamu sehingga semoga surga bagimu" (Talmud Syabbat 156b)

רב הונא בנו רב יהושע לא היה הולך ארבע אמות בגילוי ראש, אומר: השכינה היא מעל הראש שלי
rav huna' b'nay rav yehosyu'a lo' heha holakh arba'a amot b'giloy ra'isy, omer: hasyekinah hi' ma'al hara'isy syeli

"Rav Huna' ben Rav Yehosyu'a tidak akan berjalan empat hasta tanpa kippah, beliau bersabda: "Syekinah (kehadiran Ilahi) di atas kepalaku" (Talmud Kiddusyin 31a)

רב הונא בנו רב יהושע אמר: אני יכול להיות מתוגמלים עבור לא ללכת ארבע אמות בגילוי ראש
rav huna' b'nay rav yehosyu'a amor: anni yekhol lehi'ot metogmalim 'abor lo' lilkas arba'a amot v'giloy ra'isy

"Rav Huna ben Rav Yehosyu'a bersabda: "Semoga aku diberkati karena aku tidak pernah berjalan empat hasta tanpa kippah" (Talmud Syabbat 118b)



kippah dipakai hanya sebatas ubun-ubun saja, tetapi boleh-boleh saja bila ingin menutupi keseluruhan kepala asalkan dahinya terbuka...

Comments:30

  1. Pengen Punya Tallit Tradisional....carinya dimana ya? Di Indonesia ada yg jual ga ya....

    ReplyDelete
  2. Kill Jews by our faith, They are SATAN, DEVILS.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah gak kaget lah lihat komen anda...biasa merasa rendah dan di injak injak sama YAHUDI makanya BERTERIAK TERIAK heheheheh

      Delete
    2. iye udh biasa liat comment gitu. yg lain donk

      Delete
  3. Orng dengn IQ rendah pasti
    Cenderung rasis

    ReplyDelete
  4. ada yg jual kippah ga di jakarta atau tangerang,..? saya mau beli.. dah lama cari utk ibadah..
    pliss.. email saya di mr.khomenie@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Saya mau beli kippah ... Tolong email ke denyevclub@gmail.com

    ReplyDelete
  6. kalau mau berkomentar, berilah komentar yang baik... tidak usah merendahkan iman dan keyakinan orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...kita semua adalah ciptaan Tuhan...semua ciptaan Tuhan di mata Tuhan sama...apakah orang itu pemeluk agama Yahudi, Nesrani, dan Islam...semuanya sama berdoa kepada Tuhan...karena dia saja yang patuh di sambah...tidak ada yang lain...dia memang esa...Salam Damai sesama agama SAMAWI...

      Delete
  7. Dulu ane tinggal di jerman 6 tahunan. Temen ane banyak yg Yahudi rata2 "Naturei Karta". Malah ane sering numpang solat dirumahnya. Tiap Sabtu, anak anak rame ngrayain Chanukhah. mereka nyebut kepercayaan ane dgn sebutan "SEPUPU"... Kita saling share mengenai hal hal positif, jadi kangen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Yahudi dan Islam adalah saudara, kita semua dari satu bapak ialah Nabi Ibrahim (Abraham), kalau orang Yahudi dari Nabi Yakud, kalau orang Islam dari Nabi Ismail. Saya tanya anda punya Facebook...

      Delete
    2. saya noah euldar, kakek saya adlh yahudi jerman yang bernama nathan euldar,
      kakek saya bersma keluarganya pindah ke belanda krn pembatasan gerak kaum yahudi di jerman tahun 1930
      stlah itu kakek yg tlah menjadi wrga negara belanda ikut mnjadi angkatan brsenjata belanda dan hijrah ke indonesia yg wkt itu di bwah kekuasaan belanda
      kakek menikah dgn seorang wanita muslimah indonesia yg bernama siti asnah,
      tapi, sampai akhir hayat kakek masih beragama yahudi
      saya bertanya, apakah saya masih berhak pada bangsa israel atau tidak?

      Delete
    3. Chaver, selama masih dari darah keturunan ayah, maka atah adalah yisrael....

      Delete
  8. Yup...saya pernah tinggal di NYC,USA juga begitu,orang Yahudi sangat baik dgn keluarga kami yg notabene muslim dan mereka juga sering panggil kita sepupu,mungkin krn banyak kesamaan pada org Yahudi dan Muslim yaitu sama2 dikhitan,tidak makan babi,wanitanya tutup aurat (dengan wig rambut,bukan jilbab),mereka juga meyakini Nabi Musa dan Nabi Isa adalah penerima wahyu (bukan Tuhan) dan banyak lagi kesamaannya dan satu lagi bhw mrk tidak pro Zionis,krn bagi mereka Zionis itu adalah Yahudi yang tidak taat..so,what do you think,guys??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, waktu ade ane di Amerika pas pertukaran pelajar, dia pernah disangka org Yahudi karena nggak mau makan babi.

      Delete
  9. Sejak kapan Yahudi meyakin Isa sebagai nabi? Ga ada ceritanya pak. Ngaco aja ente..lagian mereka jg ga meyakin muhamad sbagai nabi. Ga ada dalilnya dlm ajaran Yahudi. Faktanya islam dan Yahudi ttp ga akur meski ente mau kalain bnyak persamaan dlm hal lahiriah
    .Justr malah kalian jd semacam Yahudi Klonengan versi arab hehee

    ReplyDelete
  10. Oh iya nih saya mau tanya, kan tefillin hanya boleh dipakai oleh org Yahudi saja, klo ada non-Yahudi yg pakai tefillin hukumnya apa tuh? Soalnya yg pernah saya denger tefillin bagus juga buat kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoak. Bagus buat kesehatan dari mana?
      kalau bukan orang yahudi saya kurang tau.
      harga nya 10 jt-100 an jt.
      mahal

      Delete
    2. Kalo muslim ga boleh (haram), soalnya termasuk tasyabuh (menyerupai) agama lain dalam soal aqidah gan

      Delete
  11. saya noah euldar, kakek yahudi jerman nenek seorang muslim
    saya bertanya, apakah saya masih berhak pada bangsa israel atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh km masih pake family name kakekmu?dan kamu punya catatan silsilah,apalagi bila punya bukti foto atau semacam surat dr kakek,maka dgn mudah kamu bisa mengklaim bhw kami adlh cucu atau buyut dr kakek moyangmu

      Delete
    2. Sejauh km masih pake family name kakekmu?dan kamu punya catatan silsilah,apalagi bila punya bukti foto atau semacam surat dr kakek,maka dgn mudah kamu bisa mengklaim bhw kami adlh cucu atau buyut dr kakek moyangmu

      Delete
    3. Masih sangat bisa. Shabbat Shalom

      Delete
  12. saya noah euldar, kakek saya adlh yahudi jerman yang bernama nathan euldar,
    kakek saya bersma keluarganya pindah ke belanda krn pembatasan gerak kaum yahudi di jerman tahun 1930
    stlah itu kakek yg tlah menjadi wrga negara belanda ikut mnjadi angkatan brsenjata belanda dan hijrah ke indonesia yg wkt itu di bwah kekuasaan belanda
    kakek menikah dgn seorang wanita muslimah indonesia yg bernama siti asnah,
    tapi, sampai akhir hayat kakek masih beragama yahudi
    saya bertanya, apakah saya masih berhak pada bangsa israel atau tidak?

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. semua agama itu sama saja, sama sama tai yang bikin ribut. mending ga beragama tapi damai daripada ngaku beriman sama allah tapi hati busuk. agama itu ibarat kontol, wajib punya dan dijaga tapi gak buat dipamerin ke siapa siapa. dasar orang munafik. gausah sok suci deh mendingan diem trus minta diampuni dosanya. salam damai. assalamualaikum.

    ReplyDelete
  15. Bahwa memeluk agama apapun adalah hak setiap rakyat Indonesia, salam damai sesama agama samawi

    ReplyDelete
  16. bagaimana caranya mendapatkan mezuzah dan kippah.email saya :Ricoike5@gmail.com,thanks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.